Putusan Caster Semenya: Atletik Afrika Selatan mempertimbangkan untuk mengajukan banding terhadap keputusan Cas yang kontroversial

Putusan Caster Semenya: Atletik Afrika Selatan mempertimbangkan untuk mengajukan banding terhadap keputusan Cas yang kontroversial

Atletik Afrika Selatan (ASA) sedang mempertimbangkan banding terhadap putusan kontroversial oleh Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (Cas) atas kategorisasi atlet wanita.

Bulan lalu Cas memutuskan melawan juara 800 meter Olimpiade Afrika Selatan Caster Semenya, mendukung aturan baru oleh badan atlit atletik dunia (IAAF) yang memaksa beberapa atlet wanita dengan perbedaan dalam pengembangan seksual (DSD) untuk mengambil penekan testosteron jika mereka bersaing dalam jarak apa pun dari 400 m ke satu mil.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, menteri olahraga pemerintah Afrika Selatan, Tokozile Xasa, meminta ASA untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut ke Pengadilan Federal Swiss.

“ASA mengajukan permohonan untuk menolak dua arbiter yang dirasa bertentangan sejak mereka menangani kasus pelari cepat India Dutee Chand, karena Caster juga akan menjadi atlet yang terpengaruh,” kata pernyataan itu. “Kekuatan dari kasus ilmiah, medis, dan hukum yang kami sajikan, kami percaya, hasilnya tidak dapat dibayangkan berdasarkan fakta. Fakta-fakta sebelum pengadilan dan hasilnya tidak cocok.

“Pertanyaan hukum terkait yang seharusnya ditangani pengadilan kami (yakini) tidak ditangani. Pengadilan hanya memberikan kebebasan tak terbatas kepada IAAF untuk melakukan apa yang diinginkan. Misalnya, belum dijawab bagaimana IAAF akan menerapkan peraturan dan bagaimana masalah etika akan ditangani. ”

ASA belum berkomentar tetapi dipahami sebagai saran pemerintah sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.

Awal bulan ini Semenya memenangi balapan terakhirnya sebelum aturan diberlakukan, menyerbu kemenangan di ajang Liga Berlian 800m di Doha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *